Kelompok Kerja Guru-Guru Pembimbing Khusus (KKG GPK) di UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif (LDPI) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang

Jumat, 17 November 2023

Kelompok Kerja Guru-Guru Pembimbing Khusus (KKG GPK) di UPTD Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusif (LDPI) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Yoszya Silawati, S.Pd., M.Si selaku Kepala UPTD LDPI. Pada kesempatan ini, Kepala UPTD LDPI membahas rapor pendidikan sekolah mengenai inklusivitas. Kemudian kegiatan dilanjutkan oleh pemateri yakni Mike Juni Yanti, S.Th.I., M.Pd dan Rido Herdiansyah, S.Psi dengan materi Terapi Perilaku.

Perilaku adalah semua yang dapat kita lihat/tampilkan dalam merespon pada lingkungan. Pada anak berkebutuhan khusus cara merespon rangsangan dari luar dengan berbagai cara misalnya tertawa, menjerit, memukul. Hal yang mempengaruhi perilaku diantaranya kognitif, sensory, pola asuh, kondisi tubuh dan overload.

Terapi perilaku merupakan cara atau pendekatan untuk mengurangi dan memperbaiki perilaku yang diluar batas.

Target dari bina perilaku yakni (1) kemampuan mengikuti tugas, (2) memahami perintah sederhana, (3) imitasi (motorik kasar, halus dan benda), (4) bahasa reseptif (identifikasi, kata kerja, atribut, logika berpikir, preposisi), (5) bahasa ekspresif (menjawab pertanyaan sosial : nama, kabar, tempat tinggal), (6) bina diri, (7) interaksi sosial (bermain bersama), ( modifikasi perilaku (sesuai kebutuhan), (9) pra akademik (dasar)

Pelaksanaan program dilakukan secara sistematik, terstruktur dan terukur. Pendekatan yang biasa digunakan ABA, Play Terapi, Hanen Program, Visual Support, Bio Medic, Sensory Integrasi, DIR Floor Time, Yoga dan Spiritual.