Layanan Remedial Teaching

Program remedial adalah suatu kegiatan yang diberikan kepada siswa yang belum menguasai bahan pelajaran yang telah diberikan guru dengan maksud mempertinggi penguasaan bahan ajar sehingga siswa diharapkan mampu mencapai tujuan belajar yang telah ditentukan untuk mencapai ketuntasan belajar yang nantinya berdampak baik bagi prestasi belajar siswa.

Dengan demikian perbaikan diarahkan kepada pencapaian hasil yang optimal sesuai dengan kemampuan masing- masing siswa melalui keseluruhan proses belajar mengajar dan keseluruhan pribadi siswa.

Remedial teaching merupakan pengajaran yang berfungsi menolong anak tersebut untuk dapat mencapai hasil yang diharapkan. Pengajaran perbaikan ini bersifat khusus karena disesuaikan dengan karakteristik kesulitan belajar yang dihadapi anak didik. Layanan ini diberikan kepada peserta didik untuk memperbaiki prestasi belajarnya sehingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan. Kegiatan ini ditujukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran.

Di UPTD. Layanan Disabilitas dan pendidikan Inklusif Dinas Pendidikan Kota Padang, kelas remedial teaching dibuka untuk kelas 1 sampai kelas 2 sekolah dasar. Dalam proses pembelajaran, peserta didik difokuskan pada pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika.

Layanan remedial teaching dilakukan dalam satu tahun periode layanan. Periode tersebut disesuaikan dengan tahun ajar sekolah.